REVIEW BUKU
CARA BERBICARA KEPADA SETIAP ORANG DALAM SETIAP SITUASI
Penulis : Emma Sargent dan Tim Fearon (Psikolog dan Pelatih
Neuro Linguistic Program)
Penerbit : Bhuana Ilmu Populer Kelompok Gramedia
Dalam
berkomunikasi, hampir semua orang mengalami situasi kehilangan rasa percaya
diri dan mencemaskan apa yang akan dilakukan atau katakan. Kebanyakan mungkin
akan merasa gugup dan kurang percaya diri dalam berinteraksi dengan lingkungan
sekitar, yang akan menjadi situasi sosial dimanapun yang dapat menjadi racun
dalam kehidupan mereka. Beberapa hal yang menyebabkan Anda menjauhkan diri dari
lingkungan ini antara lain : Mengira bahwa Anda tidak menarik dan bahwa
setiap orang lebih baik dari Anda; Kurangnya rasa percaya diri/harga diri,
terkadang dipicu oleh pengalaman negative di masa lalu; Tidak tahu berbuat apa atau cara melakukannya; Rasa cemas/takut.
Hal tersebut akan terjadi apabila kita mengira bahwa semua
akan terjadi.Misalnya Anda fokus pada sesuatu yang membuat cemas atau khawatir,
maka Anda merasa bahwa hal-hal itu benar-benar terjadi. Selanjutnya Anda pun
akan merasa cemas dan khawatir. Untuk itu kita mesti menyadari bahwa selalu ada
cara lain yang lebih positif dalam memandang segala sesuatu untuk dapat
mengubah fokus kita. Jalan menuju percaya diri dalam pergaulan, dibagi menjadi
empat bidang :
· Tahu bagaimana berpikir (dengan menggunakan
kekuatan keyakinan. Arti dari keyakinan adalah pikiran yang kita anggap benar
dan ikut mempengaruhi perilaku kita. Keyakinan berfungsi sebagai penyaring
sehingga pikiran kita pun diikuti olehnya)
· Tahu apa yang diinginkan (terdapat empat rahasia
menuju sukses antara lain : memikirkan apa yang diinginkan bukan apa yang tidak
diinginkan, berulang kali membayangkan kesuksesan telah terjadi dalam batinnya,
memikirkan konsekuensi jika mendapatkannya, memastikan bahwa dapat bertindak
sendiri dan bahwa bukan orang lainyang bertanggungjawab atas tindakan mereka)
· Tahu bagaimana harus percaya diri (Orang yang
percaya diri dalam ajang pergaulan mampu mengelola kondisi emosinya)
·
Tahu apa yang harus diperbuat (memahami peraturan
untuk ikut terlibat dalam komunikasi)
Strategi yang bisa dilakukan untuk menikmati acara apapun
tanpa rasa cemas, antara lain :
· Tetapkan satu tujuan yang ingin diraih dan hal
itu akan membuat Anda fokus pada orang lain ketimbang diri sendiri dan kegugupan
yang mungkin Anda rasakan sebelumnya;
· Rahasia untuk menjadi orang menarik adalah
dengan tertarik pada orang lain, bukan mereka yang terus menerus berbicara
tentang diri sendiri;
·
Berlatih untu menjawab pertanyaan yang sering
diajukan kepada Anda;
· Jika benar-benar ingin mampu berbicara dengan
siapa saja dan penuh percaya diri, jadilah pendengar yang baik;
·
Informasi yang Anda inginkan adalah pertanyaan
yang anda inginkan;
· Berbicara dengan berlatih untuk mengambil topic yang
dapat menimbulkan opini baik bagi Anda maupun lawan bicara;
·
Utarakan apa yang ingin Anda dapatkan ketika
berkomunikasi;
Disamping strategi di atas, terdapat juga strategi lain
untuk membangun komunikasi yang efektif :
· “Tas wanita yang sulit diabaikan” kapanpun Anda
bisa, ambillah kesempatan untuk menambahkan kata-kata pujian ke dalam
pertanyaan atau komentar Anda;
·
Pujian yang mencuri hati dan yang tidak;
·
Mengubah percakapan kecil menjadi besar;
·
Menyelam untuk mendapatkan opini;
·
Menyelam untuk mendapatkan nilai;
·
Pendekatan NICE
(Name, Interest, Conclude, Exit)
(Penjelan mengenai hal di atas akan Anda dapatkan dalam Bab III)
Jalinan
rasa simpati akan mucul apabila yang kita rasakan bahwa berada bersama orang
itu terasa mudah dan menyenangkan. Kita tak akan pernah memiliki peluang kedua
untuk menciptakan kesan sebaik yang pertama. Menjalin rasa simpati dapat
dilakukan dengan merencanakan rasa simpati, mempelajari gesture,menyelaraskan
dan memimpin . (Secara lebih rinci dijelaskan dalam Bab IV).
Di
dalam buku ini juga mengupas bagaimana bisa berbicara denga siapa saja di
tempat kerja. Pelajaran tersebut sangat berguna kita terapkan dalam lingkungan
kerja. Cara berbicara dengan setiap orang dalam situasi sulit adalah dengan
menemukan niat yang positif. Dan terdapat penjelasan pada saat kapan kita harus
menutup mulut serta rahasia apa saja yang digunakan untuk menjadi pusat
perhatian.
Membaca
buku ini semakin menambah wawasan tentang bagaimana cara kita berkomunikasi terhadap
lingkungan sekitar dengan memberdayakan potensi-potensi yang ada dalam diri
sendiri. Buku ini memberikan banyak pemahaman dengan contoh-contoh dalam
kehidupan sehari-hari. Berbagai rahasia yang diungkap membuat kita semakin
sadar bahwa setiap orang mampu untuk percaya diri dalam segala situasi. Selamat membaca :)
Komentar
Posting Komentar