REVIEW BUKU


CARA BERBICARA KEPADA SETIAP ORANG DALAM SETIAP SITUASI

Penulis : Emma Sargent dan Tim Fearon (Psikolog dan Pelatih Neuro Linguistic Program)
Penerbit : Bhuana Ilmu Populer Kelompok Gramedia


                Dalam berkomunikasi, hampir semua orang mengalami situasi kehilangan rasa percaya diri dan mencemaskan apa yang akan dilakukan atau katakan. Kebanyakan mungkin akan merasa gugup dan kurang percaya diri dalam berinteraksi dengan lingkungan sekitar, yang akan menjadi situasi sosial dimanapun yang dapat menjadi racun dalam kehidupan mereka. Beberapa hal yang menyebabkan Anda menjauhkan diri dari lingkungan ini antara lain : Mengira bahwa Anda tidak menarik dan bahwa setiap orang lebih baik dari Anda; Kurangnya rasa percaya diri/harga diri, terkadang dipicu oleh pengalaman negative di masa lalu; Tidak tahu berbuat apa atau cara melakukannya; Rasa cemas/takut.

Hal tersebut akan terjadi apabila kita mengira bahwa semua akan terjadi.Misalnya Anda fokus pada sesuatu yang membuat cemas atau khawatir, maka Anda merasa bahwa hal-hal itu benar-benar terjadi. Selanjutnya Anda pun akan merasa cemas dan khawatir. Untuk itu kita mesti menyadari bahwa selalu ada cara lain yang lebih positif dalam memandang segala sesuatu untuk dapat mengubah fokus kita. Jalan menuju percaya diri dalam pergaulan, dibagi menjadi empat bidang :
·   Tahu bagaimana berpikir (dengan menggunakan kekuatan keyakinan. Arti dari keyakinan adalah pikiran yang kita anggap benar dan ikut mempengaruhi perilaku kita. Keyakinan berfungsi sebagai penyaring sehingga pikiran kita pun diikuti olehnya)
·       Tahu apa yang diinginkan (terdapat empat rahasia menuju sukses antara lain : memikirkan apa yang diinginkan bukan apa yang tidak diinginkan, berulang kali membayangkan kesuksesan telah terjadi dalam batinnya, memikirkan konsekuensi jika mendapatkannya, memastikan bahwa dapat bertindak sendiri dan bahwa bukan orang lainyang bertanggungjawab atas tindakan mereka)
·      Tahu bagaimana harus percaya diri (Orang yang percaya diri dalam ajang pergaulan mampu mengelola kondisi emosinya)
·         Tahu apa yang harus diperbuat (memahami peraturan untuk ikut terlibat dalam komunikasi)

Strategi yang bisa dilakukan untuk menikmati acara apapun tanpa rasa cemas, antara lain :
·       Tetapkan satu tujuan yang ingin diraih dan hal itu akan membuat Anda fokus pada orang lain ketimbang diri sendiri dan kegugupan yang mungkin Anda rasakan sebelumnya;
·      Rahasia untuk menjadi orang menarik adalah dengan tertarik pada orang lain, bukan mereka yang terus menerus berbicara tentang diri sendiri;
·         Berlatih untu menjawab pertanyaan yang sering diajukan kepada Anda;
·   Jika benar-benar ingin mampu berbicara dengan siapa saja dan penuh percaya diri, jadilah pendengar yang baik;
·         Informasi yang Anda inginkan adalah pertanyaan yang anda inginkan;
·    Berbicara dengan berlatih untuk mengambil topic yang dapat menimbulkan opini baik bagi Anda maupun lawan bicara;
·         Utarakan apa yang ingin Anda dapatkan ketika berkomunikasi;

Disamping strategi di atas, terdapat juga strategi lain untuk membangun komunikasi yang efektif :
·  “Tas wanita yang sulit diabaikan” kapanpun Anda bisa, ambillah kesempatan untuk menambahkan kata-kata pujian ke dalam pertanyaan atau komentar Anda;
·         Pujian yang mencuri hati dan yang tidak;
·         Mengubah percakapan kecil menjadi besar;
·         Menyelam untuk mendapatkan opini;
·         Menyelam untuk mendapatkan nilai;
·         Pendekatan NICE (Name, Interest, Conclude, Exit)
(Penjelan mengenai hal di atas akan Anda dapatkan dalam Bab III)

Jalinan rasa simpati akan mucul apabila yang kita rasakan bahwa berada bersama orang itu terasa mudah dan menyenangkan. Kita tak akan pernah memiliki peluang kedua untuk menciptakan kesan sebaik yang pertama. Menjalin rasa simpati dapat dilakukan dengan merencanakan rasa simpati, mempelajari gesture,menyelaraskan dan memimpin . (Secara lebih rinci dijelaskan dalam Bab IV).

Di dalam buku ini juga mengupas bagaimana bisa berbicara denga siapa saja di tempat kerja. Pelajaran tersebut sangat berguna kita terapkan dalam lingkungan kerja. Cara berbicara dengan setiap orang dalam situasi sulit adalah dengan menemukan niat yang positif. Dan terdapat penjelasan pada saat kapan kita harus menutup mulut serta rahasia apa saja yang digunakan untuk menjadi pusat perhatian.

Membaca buku ini semakin menambah wawasan tentang bagaimana cara kita berkomunikasi terhadap lingkungan sekitar dengan memberdayakan potensi-potensi yang ada dalam diri sendiri. Buku ini memberikan banyak pemahaman dengan contoh-contoh dalam kehidupan sehari-hari. Berbagai rahasia yang diungkap membuat kita semakin sadar bahwa setiap orang mampu untuk percaya diri dalam segala situasi. Selamat membaca :)




Komentar

Postingan populer dari blog ini

KEPUASAN APA YANG KITA CARI ? #Selfjourney1

THE JERSEY, MEMADUKAN GAYA DENGAN KENYAMANAN